Begitu Mahalkah ? Converter BBG Kit

Strategi penghematan Energi skala Nasional oleh Pemerintah RI perlu dukungan masyarakat luas diantaranya BBM ke BBG, namun harus di lihat aspek-aspek standar keamanan dan alat konversi yang masih kendala dengan Regulasi.

Kit konversi (Conversion kit) yang harus dipasang agar kendaraan biasa baik bensin maupun diesel dapat menggunakan BBG dirasakan terlalu mahal,  disamping itu penyimpanan gas yang menjadi persoalan dimana dimana tangki mobil BBM bisa diisi dengan 75 liter sedangkan untuk tangki BBG hanya dapat menyimpan gas bertekanan 200 bar yang setara dengan 17 liter premium.

Walaupun begitu pencabutan subsidi BBM sehingga harga BBM m
Mahalnya alat Konversi BBG dan Pemerintah hanya menanggung kendaraan umum saja, bagaimana kendaraan non umum ?, ini yang perlu kita sienjadi 3 kali lipat dari harga sekarang adalah sangat tidak realistis. Oleh sebab itu diperlukan suatu solusi jalan tengah dengan melakukan pengalihan subsidi BBM kepada BBG sampai harga kedua jenis energi tersebut dapat ditentukan oleh mekanisme pasar. Usulan subsidi BBG tersebut, sama sekali tidak akan membebani pemerintah.  Sebaliknya Pemerintah justru diuntungkan karena yang terjadi bukanlah penambahan anggaran subsidi melainkan hanya mengalihkan alokasi subsidi dari BBM ke BBG dengan jumlah lebih kecil untuk setiap volume BBM yang di substitusi BBG.

Mahalnya alat Konversi BBG dan Pemerintah hanya menanggung kendaraan umum saja, bagaimana kendaraan non umum ?, ini yang perlu kita sikapi seperti telah dilansir oleh VOA INDONESIA (http://www.voanews.com/indonesian/news/Pemerintah-Mulai-Akui-Konversi-BBM-ke-BBG-Tak-Mudah-137671958.html)  dijelaskan Ketua Asosiasi Pengusaha seluruh Indonesia atau Apindo, Sofyan Wanandi, belum terlambat jika akhirnya pemerintah memutuskan menaikkan harga BBM bersubsidi daripada harus melakukan konversi dan pembatasan pengunaan BBM bersubsidi. Sofyan Wanandi menilai akan banyak masalah jika pemerintah memaksakan diri untuk konversi BBM ke BBG serta membatasi penggunaan BBM bersubsidi. Ia tidak sependapat jika dinilai meningkatnya jumlah kendaraan menjadi penyebab kuota BBM bersubsidi membengkak dan otomatis anggaran subsidi terus bertambah. Ia menegaskan menaikkan harga BBM bersubsidi merupakan cara paling tepat dibanding opsi lain.

Jadi !, lebih mahal mana ? menaikan BBM bersubsidi atau beli Converter BBG Kit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s